Rabu, 04 Januari 2012

BSE ( Buku Sekolah Eletronik )



Sejak satu minggu ini hampir setiap waktu saya membaca kritik yang diberikan kepada program  Buku Sekolah Elektronik (BSE) di koran Kompas. Memang sudah seharusnya program ini diberi kritikan (dikritisi ),yang disebabkan oleh bermacam-macam kelemahan yang mendasar pada saat pelaksanaan.Kelemahan yang sangat terlihat adalah:sukarnya sekolah-sekolah memanfaatkan buku-buku elektronik yang berada dalam BSE sebab kendala mendasar seperti: sulit adanya listrik, , tidak memiliki komputer dan tidak ada saluran internet yang tersedia.
Tapi diluar masalah-masalah tersebut BSE ini sebenarnya tidak terlalu jelek..Kalau pun terjadi masalah-masalah sepertinya tidak mudah mengunduh ataupun tidak adanya ketersediaan komputer/internet memang bukanlah tanggung jawab diknas sepenuhnya. Kesalahan diknas adalah tidak memikirkan alternatif jika sekolah tidak mempunyai fasilitas untuk memanfaatkan BSE tersebut. Ini mungkin karena perencana proyek adalah orang yang tidak pernah turun ketempat sehingga tidak bisa merasakan sendiri bagaimana sulitnya  jika berada di sebuah sekolah yang tidak memakai/mempunyai listrik listrik pun tidak ada.
Tapi,sebenarnya warnet-warnet (paling tidak anggota-anggota AWARI) dapat menonton kelemahan-kelemahan proyek ini sebagai peluang. Beberapa teman-teman di Awari melaksanakan inisiatif mengunduh buku-buku elektronik yang berada di server BSE (dan mirrornya) untuk setelah itu di paket didalam sebuah CD dan dijual kepada mereka yang membutuhkan. Menurut pengakuan salah seorang anggota dia menjual dengan harga Rp 5000/CDsebuah harga yang murah dan terjangkau.
Jadi hal tersebut hanya mungkin jika seorang siswa atau guru telah memiliki PC/Notebook untuk memanfaatkan buku-buku elektronik. Bagaimana jika tidak ada? Nah, saya kira teman-teman di Warnet sudah semestinya memikirkan untuk memproduksi buku-buku tersebut dalam bentuk barang cetakan/print out, toh Depdiknas sejak awal memang membebaskan buku-buku tersebut untuk di unduh, digandakan dan dicetak selama tidak menyalahi ketentuan yang ada sewaktu kita mengunduh file BSE.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar