Selasa, 31 Januari 2012

BSE (new) LATAR BELAKANG

         Universitas Kristen Petra merasa perlu untuk terus menyalurkan kontribusi pemikiran bagi masyarakat Surabaya. Hal ini tercermin dalam beberapa event hasil sebuah pengamatan yang telah dilaksanakan oleh UK petra yang diantaranya SRA (Surabaya Restaurant Award), SPSA (Surabaya Public Service Award), dan dalam waktu dekat ini adalah SMART (Surabaya Mall and ReTail Award), serta BSE (Branded Schooling Experience) yang ditujukan untuk  para sekolah SMA. UK Petra mengharapkan supaya kita dapat bersama-sama memajukan kualitas SMA dalam menyajikan customer value bagi para stakeholder dan peserta didiknya khususnya bagi para SMA yang menyajikan output lulusan sebagai input di universitas.

BSE (Branded Schooling Experience) ini dilakukan selama 1 tahun sebagai waktu yang diperlukan oleh SMA peserta, dimulai sejak mengikuti workshop, mengadopsi sistem, mempraktekkan desain strategi dalam sekolah, implementasi dan evaluasi oleh team dari UK Petra. Dan bagi SMA dengan kategori excellent, maka UK Petra akan :

     Menganugerahkan BSE Award (trophy) kepada pihak sekolah beserta dengan 5 buah laptop bagi SMA, dan pemberian beasiswa bagi 3 murid SMA dari masing-masing SMA pemenang kategori excellent (UPRS & USPP di semester pertama). Penganugerahan BSE Award pertama akan dilakukan bersamaan dengan  Dies Natalis ke-50 UK Petra Surabaya, pada bulan September tahun 2011.

Hal ini diterima baik oleh pihak SMA-SMA mengingat kondisi persaingan di bidang industri pendidikan pada tingkat level Sekolah Menengah Atas (SMA) saat ini semakin hypercompetitive, maka sudah menjadi kebutuhan bagi pihak sekolah mengambil strategi Branded Schooling Experience (BSE). BSE (Branded Schooling Experience) merupakan sebuah customer focus strategy dengan mindset menyajikan excellent experience kepada para siswa & orang tua.

Penerapan strategi BSE ini dilakukan melalui dua mekanisme, yaitu hard measurement dan soft strategy approach dengan tujuan memajukan customer value bagi para konsunennya. Pengalaman yang dirancang oleh pihak sekolah secara kompetitif melalui dimensi academic excellence, spiritual excellence, emotional excellence dan management excellence, dapat menjadi tolak ukur sampai sejauh mana pihak sekolah telah mampu memberikan customer value kepada siswa, tanpa meninggalkan sistem yang telah disusun oleh Diknas. Dengan BSE, sekolah akan mampu merancang quality yang akan membandingkan institusinya dengan kompetitor/pesaing.

Merupakan kewajiban bagi sekolah yang akan menggunakan strategi BSE ini untuk dapat mengaplikasikan urutan dalam strategi ini dengan consistent (harus terus menerus dan tetap antar waktu dan tempat), different (harus mempunyai pembeda dengan sekolah kompetitor yang lain), intentional/tujuan jelas (harus sesuai rencana dan terukur), dan valuable/bernilai (harus mepunyai nilai yg sesuai dengan target market). Adapun penerapan strategi BSE ini melalui inovasi experience yang dirancang, dilakukan dengan urutan pada setiap touchpoint terhadap people, process, dan product.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar