Kamis, 26 Januari 2012

E-book

  

Kata “E-book” berasal dari bahasa Inggris, yang merupakan singkatan dari electronic book,dan dalam bahasa Indonesia mempunyai arti buku elektronik. Buku elektronik bukanlah buku yang mempelajari tentang elektronik, melainkan berupa data-data (file-file) atau informasi yang tampilannya dibuat menyerupai buku kemudian direkam secara elektronik agar dapat dijalankan didalam komputer.


Apa perbedaan e-book dengan buku biasa ?

Buku-buku yang kita pakai saat ini menggunakan kertas sebagai bahan bakunya, sedangkan e-book ditampilkan dengan menggunakan monitor atau layar pada komputer. Selain itu, buku-buku yang kita gunakan saat ini merupakan warisan teknologi cetak Guttenberg. Buku seperti ini memiliki beberapa kekurangan, salah satunya jika semakin banyak halamannya, maka akan semakin tebal dan berat pula buku yang kita miliki dan kadang ukurannya pun menjadi lebih besar, sehingga tidak praktis untuk dibawa ke mana-mana. Selain itu, biaya mencetak buku pun biasanya cukup mahal. Sedangkan pada e-book, data atau informasi yang ada bisa disimpan dalam flasdisk atau alat penyimpan lainnya dan dapat dibuka dikomputer mana saja. Lebih praktis bukan?

Isi buku elektronik

Sebenarnya, isi buku elektronik sama saja dengan isi buku pada umumnya. terdapat suatu cerita, pelajaran, berita, gambar dan sebagainya. Isi buku elektronik direkam secara elektronis sebagai data atau file dan disimpan di dalam komputer. Penerbit buku akan mengiklankan buku yang baru terbit dengan cara mengiklankannya di situs-situs jaringan di internet. Jika kita tertarik, kita bisa langsung memesannya melalui internet dan membayarnya secara online. Biasanya bukti transfer harus dikirimkan atau di fax ke alamat penerbit. Setelah membayar, baru kita dapat mengambilnya (mendownload) dari internet. Nah, setelah proses download selesai, e-book tersebut akan tersimpan didalam komputer kita dan bisa kita baca kapan pun kita inginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar