Minggu, 08 Januari 2012

Pembelajaran Konvensional

Penjelasan konvensional yang dimaksud secara terbuka ialah penjelasan dengan metode yang sering dilakukan oleg pengajar yaitu memberi materi melalui pidatn, latihan soal kemudian pemberian tugas. Pidato merupakan salah satu pemberian informasi dengan lisan dari satu orang kepada beberapa audiens disuatu medium. Kegiatan bertitik pusat pada penceramah dan komunikasi sejalur dari pembaca kepada audiens. Penceramah mendominasi seluruh aktifitas, sedang audiens hanya memperhatikan dan membuat catatan seperlunya.
Gambaran pembelajaran matematika dengan pendekatan pidato adalah sebagai berikut: Pengajar mendominasi aktivias pembelajaran penurunan rumus atau pembuktian dalil dilakukan sendiri oleh pengajar, contoh-contoh soal diberikan dan dikerjakan pula sendiri oleh pengajar. Langkah-langkah pengajar diikuti dengan seksama oleh peserta didik. Mereka menirukan cara kerja dan cara penyelesaian yang dilakukan oleh guru.
Kelemahan dari pembelajaran konvensional antara lain:
  1. pelajaran berjalan membosankan, peserta didik hanya aktif membuat catatan saja.
  2. Kepadatan konsep-konsep yang diajarkan dapat berakibat peserta didik tidak mampu menguasai bahan yang diajarkan.
  3. Pengetahuan yang diperoleh melalui ceramah lebih cepat terlupakan.
  4. Ceramah menyebabkan belajar peserta didik menjadi benar menghafal yang tidak menimbulkan pengertian.
Kelebihan dari pembelajaran konvensional adalah peserta didik lebih memperhatikan guru dan pandangan peserta didik hanya tertuju pada guru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar